Rabu, 05 Januari 2011

Photoshop CS3 - Memberi Efek Cinema Pada Photo


 Kembali lagi ke topic awal kawan. Setelah kemarin aku posting postingan yg tidak semestinya (JB maksudku), sekarang aku mau kasih tau kalian tentang gimana caranya memberi efek cinema. Postingan ini sebenarnya termasuk bagian editing favoritku. Karna ini banyak campur tangannya sama Blur. Nah, maksudnya efek cinema itu gimana ya? Hmm, pokoknya hasil tangkepan camera digital biasa bisa jadi seperti hasil kamera SLR deh. Dari hasil photo ini, kamu pun juga bisa dikira photographer handal lho. Karna, hasilnya ngeblur, kecuali objekny. Nah, penasaran kan? Yaudah, langsung aja yuk. Capcusss.


Pertamanya, buka photo yg mau diedit. 




Seperti biasa, duplicat layer background dengan menekan CTRL+J.



Klik Layer > New Adjustment Layer > Hue/Saturation.



Lalu setting seperti dibawah ini.



Selanjutnya, klik Layer > New Adjustment Layer > Exposure.



Setting seperti ini.



Langkah selanjutnya, kita kembali ke Layer 1, lalu tekan CTRL+J untuk menduplicate layer.



Lalu kita pilih Layer 1 copy dengan layer Hue/Saturation dan layer Exposure. Klik kanan, pilih Marge Layers.



Nah setelah itu kan layer itu gabung jadi satu, dengan nama Exposure 1. Lalu, kita klik Filter > Blur > Lens Blur.



Dengan settingan seperti ini. OK.



Lalu buat layer mask, dengan klik Add Vector Mask.



Kita pilih Brush.



Dengan besar seperti ini. Sebenernya juga tergantung besar objek kamu. Tetapi ingat, harus dengan hardness 0%.



Jangan lupa untuk ubah warna foreground menjadi hitam.



Kita klik brush tadi pada objek. Sebanyak 1-3 kali.



Lalu, buat layer baru.



Klik Edit > Fill. Warna foreground hitam. OK.



Ubah opacitynya menjadi 50%.



lalu kita buat layer mask.



Kita lakukan sama seperti yg sebelumnya (mengklik brush pada objek 1-3 kali).



Selanjutnya, kita buat layer baru. Kita pilih Rectangular Marque Tool.



Kita bentuk seperti dibawah. Lalu klik kanan, pilih Select Inverse.



Kita klik Paint Bucket Tool. Dengan warna foreground hitam. Lalu klik pada gambar.



Terakhir, tekan CTRL+D untuk menhilangkan seleksinya.



Taraaaam, hasilnya seperti ini :D



Bagus gak kawan? Honestly, aku butuh comment. Aku juga masih belajar kawan. makasih sudah berkunjung. Jangan nyesel ya. Haha, tinggalkan comment kawan.

21 komentar:

  1. wow.. wow... modelnya makin cantik tuh dengan editan fotonya

    BalasHapus
  2. @lozz akbar : emg dasar ceweknya udah cantik kali bro. hehe, tapi makasih buat commentnya :)

    BalasHapus
  3. langsung dicoba...
    Thanks untuk tutorialnya...

    NB : Model buat editingnya cihuy..

    BalasHapus
  4. @fahmi haqqi : makasih sudah comment kawan :) haha, iya tuh. kawan aku dia :p

    BalasHapus
  5. :)
    makasi tutornya ya, :)
    masi muda, tapi udah berbakat :D
    hehe ...
    jangan pernah putus untuk berbagi :)
    oke ???

    BalasHapus
  6. @S2SELF : haha, alhamdulillah semoga saja :p tapi gak ahli bgt lah. seeep. sering-sering comment sob :)

    BalasHapus
  7. waduh harus banyak belajar dari mbak tasya ... kalo masalah photoshop aku nyerah ...
    tapi kalo corel ... nggak takut ... hehehe ^_^

    BalasHapus
  8. @nurdin alamsyah : hahaha. bisa-bisa aja. aku juga belum mahir kawan :) masih belajar. wow, corel draw? bagi ilmu dong :D

    BalasHapus
  9. hahaaseeek . , tutor edit pake photoshop . ,

    kebetulan aku suka design pake Corel 'n Photoshop , tp kalo Photoshop biasanya aku pake buat edit photo kyk gini . ,

    thanks yak tutornya :)

    BalasHapus
  10. hey your efforts are great.i followed your blog.follow me back i hope you will enjoy my blog

    BalasHapus
  11. http://www.aneziway.blogspot.com

    BalasHapus
  12. @ladida : waaah keren corel draw. jujur aja aku gak bisa sama sekali. ajarin dong :D

    BalasHapus
  13. @muhammad zubair : no --" you havent followed me yet

    BalasHapus
  14. Balasan
    1. Alhamdulillah seneng deh akunya kalo ilmu yg aku kasih bermanfaat :)

      Hapus